Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat dan Pengertian Backlink - Pentingnya Backlink Untuk Website

Back-link yaitu sebagai link pada website, atau link yang merujuk ke konetn website yang ditanamkan di web lain atau halaman web punya sendiri. Back-link ini umumnya dipakai oleh beberapa ahli SEO untuk tingkatkan kulaitas domain atau sebuah content di dalam website.

Back-link tersebut buat memaksimalkan content atau domain web, dapat berbentuk artikel atau produk penjualan.

Peranan dari back-link juga dapat menolong mengoptimalkan kualitas sebuah web supaya lebih SEO, dan tidak cuma memasukkan sebuah link link website.

Google dan search engine utama yang lain, memandang sebuah website yang memiliki banyak back-link ialah situs yang mempunyai kualitas tinggi, hingga condong mempunyai pengunjung organik secara signifikan.

Maka jika web kamu ingin menempati di rangking utama di mesin penelusuran google atau mesin telusur yang lain, kamu dapat memakai taktik ini dengan beli atau membuat back-link yang berkualitas tinggi.

Back-link yang memiliki kualitas bagus akan makin cepat tingkatkan integritas dan content dalam web punya kamu.

Mengapa Backlink Itu Sangat Penting?


Baclink (tautan balik) Merupakan link yang di tautkan dari website lain, ini suatu upaya dari bagian suara terbaik, semakin mempunyai banyak backlink, maka search engine akan menganggap konten didalam web adalah konten yang kredibel, relevan dan informatif.

Ini adalah kesempatan untuk menduduki peringkat nomor satu didalam "search engine", bahkan backlink ini membentuk dasar dari algoritma asli Google, yang dinamakan di sebut Page-Rank.

Walaupun Google terus mengupdate jutaan pembaruan dan perubahan algoritmanya setiap hari ataupun skala besar, backlink tetap jadi strategi terbaik untuk mengoptimalkan situs web dan kontennya, itulah alasan pentingnya sebuah backlink.

Bagaimana Baclink yang Berkualitas?

Perlu diketahui, bahwa tidak semua backlink itu memiliki kualitas yang sama, tentunya dari mana kamu mendapatkan backlink itu penentu kulitasnya.

Jika kamu ingin mendapatkan peringkat utama di mesin telusur, maka carilah penyedia ataupun platform yang menyediakan backlink berkualitas tinggi. Singkatnya begini, satu backlink berkualitas, tentunya  cenderung lebih baik dari 1000 backlink berkualitas rendah, atau tidak berkualitas sama sekali.

Tentunya link yang di tautkan di situs web lain adalah harus dengan niche yang sama. Misalkan saya mempunyai situs dengan niche teknologi, berarti saya harus menautkan link dengan wbsite lain, tapi dengan niche teknologi juga, di situs yang memiliki DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority) yang tinggi.

Baclink pun mempunyai 2 kategori yang umun, Yaitu:

Internal Backlink

Internal backlink merupakan suatu link, atau sebuah tautan link website halaman lain di satu domain yang sama. Supaya pengunjung situs website menemukan topik yang beragam di web tersebut.

Ketika pengunjung membaca topik lain dalam satu web dengan tautan internal link, berarti disini durasi pengunjung akan semkin belama-lama atau semakin betah di web tersebut.

Contoh: Saya mempunyai artikel yang membahas tentang teknologi, dan saya menautkan topik lain di artikel tersebut dengan niche tentang Gadget.

Kesimpulannya:

Internal backlink bertujuan untuk menambah durasi pengunjung, ketika pengunjung  semakin lama di situs web milik kalian, maka kualitas domain ataupun kualitas konten dimata google akan semakin bagus pula.

Eksternal Backlink

Eksternal baclink merupakan link keluar dari web kamu ke web lain, jika kamu menautkan link situs lain di dalam konten artikel situs web kamu, itulah yang dinamakan eksternal backlink.

Dari segi fungsi sebenarnya tidak jauh berbeda dengan internal backlink, yaitu guna untuk menaikan pengunjung, membantu memberi informasi lain, membangun kualitas konten dan domain untuk mengoptimalkan pada mesin pencari. Hanya saja ini kebalikan dari Internal Backlink.

Manfaat Dan Pengaruh Backlink Untuk SEO Website?

Manfaat Backlink tentunya sangat banyak, selain untuk meranking situs web kamu di mesin pencari, backlink ini juga untuk membangun otoritas dan kualitas domain website milikmu, dan mendorong pengunjung untuk merujuk ke situs web kamu secara organik. Sehingga website kamu mendapat nilai yang cukup bagus di mata Google.

Pengaruh Baclink pada website ini sangat menguntungkan, dengan adanya backlink yang tertanam di web kamu, terutama bisa sangat membantu pengunjung mudah menemukan konten kamu di website.

Jika kamu memiliki sebuah bisnis, ini suatu kesempatan untuk membangun berbagai merk atau produk yang kamu miliki. Dengan backlink google akan lebih cepat merangking situs web milikmu.

Apa Saja Jenis Backlink?

Tidak hanya memiliki kategori internal dan eksternal, namun backlink ini memiliki beberapa jenis-jenis tertentu yang memiliki sebuah karakter pada setiap jenisnya. Jika kamu memiliki website, ini sangat penting untuk mengetahui apa saja jenis backlink.

Backlink No Follow

Jenis backlink No Follow adalah suatu backlink yang mengarah pada konten tertentu saja, ini biasanya untuk menandakan supaya mesin pencari mengabaikan link tersebut.

Jika menggunakan atribut rel="nofollow" didalam kode HTML-nya, bahwa atribut tersebut untuk memberitahu mesin pencari supaya tidak meneruskan otoritas dari halaman yang di rujuk. Atribut ini memiliki nilai yang kecil dari kacamata SEO.

Backlink Do Follow

Backlink do-follow adalah link biasa digunakan untuk optimasi SEO, jenis backlink do-follow adalah strategi utama untuk merangking para pemilik situs web. Atribut link rel="dofollow" ini untuk memberitahu mesin pencari.

Bahwa link tersebut adalah memiliki konten yang kredibel, informatif dan relevan, backlink jenis ini adalah yang digunakan untuk memaksimalkan rank website di dalam mesin pencari.

Backlink Juice

Baclink Juice ini sering digunakan untuk meningkatkan DA (Domain Authority) Jenis baclink ini adalah paling dasar dan umum, jika semakin banyak pengunjung dan semakin bagus juga rank web di SERP, maka semakin kuat untuk menduduki peringkat utama di mesin pencari Google.

Backlink Root Domain

Adalah jenis backlink yang mengarah pada domain tunggal yang diterima oleh web itu sendiri, yang artinya seberapa banyak backlink dari rel="dofollow" yang diterima di halaman yang sama, jika backlink itu sumbernya dari satu domain saja maka tetap terhitung satu backlink saja.


Beberapa dari contoh manfaat dan pengertian backlink diatas, semoga bermanfaat bagi anda semua, terimakasih.

Post a Comment for "Manfaat dan Pengertian Backlink - Pentingnya Backlink Untuk Website"