Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Provider Cloud Computing Murah dan Terbaik Secara Global 2023

Provider Cloud Computing: dalam daftar 8 provider cloud computing terbaik saya akan menjelaskan penyedia layanan cloud terbaik yang mendasar pada latar belakang pasar infrastruktur Teknologi global. 

Penyedia layanan cloud publik memfasilitasi efisiensi inheren dari komputasi awan terdistribusi, yang memungkinkan aplikasi dan platform perangkat lunak inovatif dibangun, sambil meningkatkan kontrol keamanan informasi dan privasi. alasannya, penting untuk memahami setiap penyedia layanan cloud terbaik, serta strategi mereka masing-masing.

Analisis dari ruangjuta.com berfokus terutama pada penyedia layanan cloud publik, bukan teknologi cloud pribadi (misalnya, VMware). Selain membuat daftar 8 penyedia layanan cloud terbaik secara global, saya mengevaluasi pasar mereka, mengidentifikasi penyedia yang lebih kecil (misalnya, Vultr), mendefinisikan istilah penyedia layanan cloud, menentukan 5 manfaat utama cloud computing, serta mengenali penyedia layanan cloud mana yang paling murah.

Daftar Layanan Provider Cloud Computing Murah Dan Terbaik

1. Alibaba Cloud

Alibaba Cloud adalah penyedia layanan cloud terbesar di China. Alibaba Cloud, didirikan pada tahun 2009, terdaftar dan berkantor pusat di Singapura. Awalnya, platform ini dibangun untuk melayani ekosistem e-commerce Alibaba dan sekarang ditawarkan kepada publik.

    Mudah untuk pengguna
    • AlibabaCloud dapat mengunduh langsung paket instalasi dari situs resmi.
    • Menyelesaikan implementasi dari server berbasis logam menjadi Platform Cloud siap dalam 30 menit.
    • Memungkinkan peningkatan lancar dengan sekali klik dalam 5 menit.
          Otomatisasi O&M
          • Menyediakan API Restful yang mencakup fungsi platform Private Cloud.
          • Juga menyediakan API kueri mirip SQL untuk mencari semua sumber daya dengan jutaan kondisi yang digabungkan.
          • Secara otomatis mendorong pesan backend.
                Keamanan
                • Mendukung isolasi L2 VLAN/VXLAN.
                • Ini menyediakan grup keamanan untuk melindungi jaringan VM Anda dari serangan jahat.
                • Juga menyediakan tiga tingkat manajemen izin (tingkat admin, tingkat akun, dan tingkat pengguna) dan isolasi sumber daya.
                  Stabil dan terpercaya
                  • Ini menyediakan ketersediaan tinggi untuk node manajemen.
                  • Ini memastikan layanan komputasi, jaringan, dan penyimpanan dari instansi VM berfungsi dengan baik jika node manajemen yang sesuai terputus.
                  • Juga mendukung pengikatan jaringan.
                    Kinerja yang cukup bagus
                    • Dapat mengelola 10.000+ host dan 100.000 instansi VM pada satu node manajemen.
                    • Dapat memproses 10.000+ permintaan API bersamaan per detik.
                    • Juga dapat membuat 100+ instansi VM dalam beberapa menit.
                      Fitur yang diberikan meliputi:
                      • ImageStore: Dapat dengan cepat membuat dan mengalokasikan gambar seperti Docker.
                      • Kuota multi-tenant dan penagihan: Memberikan kemampuan self-service yang ditingkatkan dari platform cloud pribadi.
                      • Penyesuaian urutan startup: Memungkinkan Anda untuk menginstal ulang instansi VM atau memulihkan instansi VM menggunakan gambar ISO.
                      • Penandaan dan penemuan sumber daya: Memberi tag nama sumber daya, deskripsi, dan pengguna untuk pencarian yang lebih mudah.
                      • Penghapusan tertunda sumber daya: Memindahkan sumber daya yang dihapus ke tempat sampah untuk penghapusan tertunda.
                      • Overcommit sumber daya: Memungkinkan Anda untuk melebihi sumber daya seperti CPU, memori, dan penyimpanan utama.
                      • Pembatasan bandwidth sumber daya: Memungkinkan Anda untuk mengatur ambang batas untuk uplink/down-link jaringan dan bandwidth disk instansi VM.
                      • Penyeimbangan beban: Menyeimbangkan beban distribusi dan mengalokasikan sumber daya, memastikan aplikasi berjalan lancar.
                      • Manajemen sumber daya heterogen: Mengambil alih VMware vCenter dan mendukung operasi ganda pada instansi VM, volume, dan layanan jaringan.
                      • Topologi jaringan: Memungkinkan Anda untuk menampilkan topologi jaringan global atau topologi jaringan kustom sesuai kebutuhan.
                      • Pemantauan layar besar: Memantau dan menampilkan kapasitas sumber daya, beban sumber daya, dan status kinerja pusat data cloud pribadi secara real-time.

                      2. Google Cloud Platform (GCP)

                      Platform Google Cloud adalah Layanan Cloud dari Google. Seperti Azure, Google Cloud menawarkan layanan serupa dalam berbagai kategori, termasuk komputasi, penyimpanan, identitas, keamanan, database, AI dan machine learning, virtualisasi, DevOps, dan lain-lain.

                      Produk Google dalam cloud juga menawarkan G Suite, Platform Google Maps, Perangkat Keras Google, Google Identity, Chrome Enterprise, Android Enterprise, Apigee, Firebase, dan Orbitera.

                      • Layanan Google Cloud tersedia di 20 wilayah, 61 zona, dan lebih dari 200 negara.
                      • Pendapatan tahunan Google Cloud mendekati $8 miliar.
                      • Sertifikasi Google Cloud

                      Berikut adalah daftar sertifikasi Google Cloud:

                      • Associate Cloud Engineer
                      • Professional Data Engineer
                      • Professional Cloud Architect
                      • Professional Cloud Developer
                      • Professional Cloud Network Engineer
                      • Professional Cloud Security Engineer
                      • G Suite

                      Google Cloud Platform merupakan salah satu penyedia layanan cloud terkemuka yang menawarkan berbagai layanan dan produk untuk kebutuhan bisnis dan pengembangan teknologi. 

                      Dengan berbagai kategori yang mencakup berbagai aspek seperti komputasi, penyimpanan, keamanan, dan kecerdasan buatan, Google Cloud Platform menjadi pilihan yang kuat bagi perusahaan dan pengembang yang ingin memanfaatkan potensi cloud computing.

                      3. Microsoft Azure

                      Segment Intelligent Cloud dari Microsoft Corporation mencakup Azure, penyedia layanan cloud terbesar kedua secara global. Melalui Microsoft Azure, perusahaan ini menyediakan pengalaman cloud computing hibrida yang konsisten, produktivitas pengembang, kemampuan kecerdasan buatan (AI), serta keamanan & kepatuhan.

                      Microsoft Azure saat ini memiliki 60 wilayah dan 116 zona ketersediaan yang beroperasi. Wilayah dan zona ketersediaan ini tersebar di seluruh Amerika Serikat, Azure Government (AS), Amerika, Eropa, Asia Pasifik, serta di Timur Tengah & Afrika.

                      Lebih dari 200 pusat data fisik Microsoft Azure terletak di seluruh dunia, yang menampung server komputer, masing-masing dilengkapi dengan sumber daya listrik, pendingin, dan jaringan yang independen. Perusahaan ini menghubungkan infrastruktur pusat data ini dengan lebih dari 175.000 mil jalur serat optik di 140 negara.

                      Pendapatan Microsoft Cloud, yang mencakup pendapatan dari Azure dan layanan cloud lainnya, Office 365 Commercial, bagian komersial LinkedIn, dan Dynamics 365, mencapai $23,4 miliar untuk kuartal terbaru, meningkat 32% dibandingkan tahun sebelumnya. 

                      Oleh karena itu, secara tahunan, pendapatan Microsoft Cloud saat ini mencapai $93,6 miliar. Namun, Microsoft tidak secara eksplisit mengungkapkan pendapatan Azure, yang berarti Azure hanya merupakan bagian dari total pendapatan Microsoft Cloud.

                      4. DigitalOcean

                      DigitalOcean adalah penyedia layanan cloud yang menawarkan infrastruktur dan alat platform sesuai permintaan kepada pelanggan kecil, termasuk pengembang, start-up, dan bisnis kecil dan menengah (SMB).

                      Saat ini, DigitalOcean mengoperasikan 8 wilayah melalui 14 pusat data. Secara khusus, perusahaan ini menyewa pusat data di pasar metropolitan New York City dan San Francisco, serta di Toronto, Kanada; London, Inggris; Amsterdam, Belanda; Frankfurt, Jerman; Bangalore, India; dan Singapura.

                      DigitalOcean menyediakan solusi infrastruktur dan perangkat lunak mereka kepada 620.000 pelanggan di lebih dari 185 negara. Secara unik, ~70% dari pendapatan DigitalOcean berasal dari luar Amerika Serikat. Seperti OVHcloud, DigitalOcean bersaing dalam hal harga, seringkali dengan harga lebih efisien sebesar 50%+ dibandingkan dengan penyedia layanan cloud terbesar.

                      Pada Maret 2022, Akamai Technologies, penyedia jaringan pengiriman konten (CDN) dan solusi keamanan, mengakuisisi Linode seharga $900 juta.

                      Saat ini, Linode memiliki 11 wilayah pusat data yang beroperasi, di mana mereka menyediakan computing dalam bentuk kontainer dan mesin virtual, serta layanan penyimpanan mereka. Pusat data perusahaan ini terletak di pasar Newark, New Jersey; Atlanta, Georgia; Dallas, Texas; Fremont, California; Toronto, Kanada; London, Inggris; Frankfurt, Jerman; Tokyo, Jepang; Singapura; Mumbai, India; dan Sydney, Australia.

                      Platform infrastruktur sebagai layanan (IaaS) Linode melayani 1 juta pelanggan dan bisnis di seluruh dunia dengan kemampuan cloud computing mereka. Perusahaan ini bersaing dalam hal harga dan berfokus pada melayani pengembang, serta start-up dan perusahaan.

                      5. Oracle Cloud

                      Penawaran Layanan Cloud Oracle Corporation meliputi Oracle Cloud Software-as-a-Service (SaaS) dan Oracle Cloud Infrastructure (OCI). Melalui OCI, perusahaan ini adalah penyedia layanan awan yang memberikan teknologi infrastruktur sebagai layanan termasuk computing, penyimpanan, dan layanan jaringan.

                      Oracle Cloud saat ini memiliki 38 wilayah dan 46 zona ketersediaan yang beroperasi. Wilayah dan zona ketersediaan ini terletak di seluruh Amerika Serikat, Kanada, Eropa, Timur Tengah & Afrika (EMEA), Amerika Latin, dan Asia Pasifik. Selain itu, Oracle Cloud menawarkan wilayah cloud pemerintah untuk pemerintah AS, Departemen Pertahanan AS (DoD), dan pemerintah Inggris.

                      Oracle Cloud Infrastructure (OCI) biasanya membebankan biaya yang sudah dibayar dimana biaya tersebut secara bertahap berkurang seiring dengan penggunaan layanan OCI oleh pelanggan selama periode waktu tertentu. Pada kuartal terbaru, Pendapatan Cloud Oracle, yang mencakup IaaS dan SaaS, mencapai $2,9 miliar, meningkat 19% dibandingkan tahun sebelumnya. Oleh karena itu, secara tahunan, Oracle Cloud menghasilkan pendapatan sebesar $11,6 miliar.

                      6. IBM Cloud (Kyndryl)

                      Pada akhir 2021, IBM memisahkan bisnis layanan infrastruktur terkelola mereka menjadi Kyndryl, yang sekarang merancang, membangun, dan mengelola lingkungan cloud pribadi, publik, dan multi-cloud untuk pelanggan mereka.

                      IBM Cloud (Kyndryl) saat ini memiliki 11 wilayah dan 29 zona ketersediaan yang beroperasi. Wilayah dan zona ketersediaan ini tersebar di seluruh Amerika Serikat, Amerika, Eropa, dan Asia Pasifik.

                      Segmen Layanan cloud Kyndryl membantu perusahaan mengoptimalkan penggunaan penyedia layanan cloud dengan mengintegrasikan layanan yang disampaikan oleh vendor perangkat lunak independen, penyedia layanan cloud publik, platform internal, dan teknologi seperti internet of things (IoT). Untuk tujuan ini, Kyndryl baru-baru ini menjalin hubungan strategis baru dengan Microsoft Azure dan Google Cloud.

                      7. Tencent Cloud

                      Unit computing cloud Tencent Holdings, yang dikenal sebagai Tencent Cloud, adalah penyedia layanan cloud terbesar kedua di China, setelah Alibaba Cloud.

                      Saat ini, Tencent Cloud memiliki 21 wilayah dan 65 zona ketersediaan yang beroperasi. Juga, termasuk 5 wilayah mitra Tencent Cloud, perusahaan ini menawarkan total 26 wilayah dan 70 zona ketersediaan. Kecuali wilayah mitra mereka, Tencent Cloud beroperasi di Tiongkok Daratan, Amerika Serikat, Brasil, Jerman, dan Asia Pasifik.

                      8. OVHcloud

                      OVHcloud adalah penyedia layanan cloud yang berfokus pada Eropa yang menawarkan solusi termasuk bare metal & hosted private cloud, public cloud, dan layanan web cloud.

                      Saat ini, OVHcloud beroperasi di 13 lokasi, yang mencakup 33 pusat data dengan 400.000 server fisik. Terutama, OVHcloud memiliki 30 dari 33 pusat data tempat mereka beroperasi. Pusat data ini terletak di 8 negara, yaitu Prancis, Kanada, Amerika Serikat, Australia, Jerman, Polandia, Inggris, dan Singapura.

                      OVHcloud menawarkan nama domain, paket web hosting, dan solusi cloud kepada lebih dari 1,6 juta pelanggan. Dari total ini, sekitar ~800 pelanggan perusahaan OVHcloud. Dalam hal proposisi nilai, OVHcloud mengoperasikan model biaya rendah dan umumnya bersaing dalam hal harga.

                      Penyedia Layanan Cloud Mana yang Memiliki Pasar Terbesar?

                      Microsoft Azure, dan Google Cloud Platform (GCP) adalah penyedia layanan cloud dengan pasar terbesar, secara kolektif mencakup lebih dari 65% pengeluaran untuk layanan infrastruktur cloud. Berikut adalah tabel ringkasan 10 penyedia layanan cloud teratas berdasarkan pangsa pasar, dengan pasar Microsoft Azure sebesar 22%, dan pangsa pasar Google Cloud sebesar 9,5%.

                      Microsoft Azure telah menjadi penambang pangsa pasar yang agresif, meningkat dari sekitar 10% secara historis, sementara Google Cloud terus meningkatkan pangsa pasarnya dari basis sebelumnya sebesar 5%. Dengan penambahan pangsa pasar, juga ada penyedia layanan cloud lain yang kehilangan pangsa pasarnya selama periode waktu ini, termasuk IBM Cloud (Kyndryl) dan sejumlah kecil penyedia layanan cloud.

                      Sejumlah besar perusahaan beralih ke lingkup hibrida dengan multi-cloud guna menghindari ketergantungan kepada satu penyedia agar lebih fleksibel disaat menjalankan pekerjaan yang sensitif dalam lingkungan yang lebih aman. inilah definisi hibrida dan multi-cloud:

                      • Hibrida: penggunaan aplikasi didalam kombinasi lingkungan yang berbeda, termasuk di lokasi, cloud pribadi, dan cloud publik.
                      • Multi-Cloud: penggunaan aplikasi dengan beberapa penyedia layanan cloud umum, bukan hanya menggunakan satu penyedia layanan cloud publik.

                      Meskipun analisis diatas menyoroti provider layanan cloud secara publik termurah dan terbaik di antara vendor besar, pada kenyataannya penyedia layanan cloud kecil seperti OVHcloud, DigitalOcean, dan Linode adalah yang paling efisien dalam hal biaya.

                      Perusahaan-perusahaan ini umumnya setidaknya 25% hingga 37% lebih murah secara umum - dan seringkali lebih dari 55% lebih murah - dibandingkan dengan Microsoft Azure, GoogleCloud, dan AlibabaCloud.

                      Post a Comment for "8 Provider Cloud Computing Murah dan Terbaik Secara Global 2023"