Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Perbedaan Chroomebook dan Laptop, Kekurangan dan Kelebihannya

Chromebook telah keluar dari kategori niche-nya dan tidak hanya cocok untuk anak-anak dan pelajar. Produsen laptop sekarang meluncurkan Chromebook dengan spesifikasi internal yang kuat yang bisa dengan mudah menandingi laptop terbaik berbasis Windows dan macOS. 

Selain itu, Google menambahkan dukungan untuk Linux dan membawa banyak peningkatan antarmuka pengguna ke Chrome OS, menjadikannya sistem operasi kelas desktop. Dengan mempertimbangkan semua hal ini, tampaknya Chromebook akhirnya siap untuk menghadapi persaingan secara langsung. 

Jadi dalam artikel ini, saya akan menjelaskan mendetail tentang perbedaan antara Chromebook dan laptop. Dari performa dan keamanan hingga daya tahan baterai dan antarmuka pengguna, saya telah membandingkan laptop dan Chromebook secara menyeluruh. Jadi tanpa membuang waktu, mari kita cari tahu siapa yang lebih unggul dari pembahasan Perbedaan Chromebook dan laptop pada tahun 2023 ini.

Berikut adalah Perbedaan Chromebook Dan Laptop

Karena Chromebook jauh kurang populer di kalangan pengguna, saya mencoba menjelaskan fitur-fiturnya dengan lebih detail. Saya juga menggunakan Windows sebagai alat perbandingan utama, tetapi sebagian besar poin ini tetap berlaku untuk sistem operasi desktop lain seperti Linux dan macOS. Dengan demikian, mari kita simak perbedaannya:

1. Sistem Operasi

Perbedaan utama antara Chromebook dan laptop terletak pada sistem operasinya. Dengan kata lain, Chromebook menjalankan Chrome OS — sebuah sistem operasi ringan berbasis Linux yang dikembangkan oleh Google. Di sisi lain, laptop sebagian besar menjalankan Windows dan macOS, yang dikembangkan oleh Microsoft dan Apple secara berturut-turut. Jadi, bagaimana Chrome OS berkinerja dibandingkan dengan Windows dan macOS dalam pertarungan Chromebook vs laptop ini?

Seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya, Chrome OS adalah sistem operasi yang ringan dan sangat modular. Dalam hal ukuran penyimpanan, sistem ini hanya membutuhkan 4GB ruang dan ukuran gambar instalasinya sebesar 1GB. Sebaliknya, Windows dan macOS memerlukan lebih dari 15GB ruang disk, sedangkan gambar instalasinya lebih dari 4GB. Belum lagi, Windows memiliki lebih dari 50 juta baris kode, sedangkan Chrome OS hanya terdiri dari kurang dari 7 juta baris kode.

2. Sumber daya

Semua angka ini menunjukkan bahwa Chrome OS memiliki jejak kecil pada sumber daya perangkat keras, dan hal itu tercermin dalam performanya (lebih lanjut dibahas di bawah). Untuk saat ini, dapat disimpulkan bahwa Chromebook memiliki sedikit kelebihan sumber daya dibandingkan laptop, terutama karena sistem operasi yang ringan.

Namun, ada alasan mengapa Windows begitu berat dan membutuhkan sumber daya yang besar. Jika agan ingin memainkan game bergrafis berat, melakukan pemodelan 3D, atau membuat proyek dokumen besar, Windows adalah platform yang dapat diandalkan. Saya akan membahas kemampuan kedua sistem operasi ini dengan detail di bawah, jadi lanjutkan membaca untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang kedua ekosistem.

3. Hardware

Karena Chromebook tidak berjalan di sistem operasi yang menuntut, ia tidak membutuhkan perangkat keras terbaik. Agan dapat menjalankan Chrome OS pada chipset berdaya rendah tanpa khawatir tentang performa. Misalnya, Agan dapat dengan nyaman menggunakan Chrome OS pada prosesor Celeron atau Pentium, yang, dengan kata lain, bukan merupakan chipset terbaik tetapi dapat memberikan performa yang cukup baik.

Selain itu, Chrome OS kompatibel dengan baik dengan prosesor Intel maupun ARM secara default. Jadi, dalam hal itu, Chromebook membutuhkan sumber daya yang lebih sedikit dan juga memiliki keamanan masa depan. 

Tidak hanya itu, Google bahkan telah merilis Chrome OS Flex, versi stripped-down dan ringan dari sistem operasi desktop-nya. Agan dapat menginstalnya pada laptop Windows atau Mac lama untuk menghidupkannya kembali dan membuatnya berfungsi lagi. Gunakan panduan kami tentang cara menginstal Chrome OS Flex pada laptop macOS dan Windows untuk memulai.

4. Kebutuhan Hardware

Beralih ke laptop yang menjalankan Windows dan macOS, agan memerlukan prosesor yang kuat agar sistem operasi berjalan. Karena sistem operasi ini menuntut, agan membutuhkan setidaknya prosesor Intel i3 untuk mendapatkan performa yang baik dari laptop. 

Hal ini berarti biaya yang lebih tinggi, tetapi agan dapat melakukan beberapa tugas yang kurang dimiliki oleh Chrome OS, seperti pengeditan video dan bermain game (sebagian, seperti yang saya jelaskan di bawah).

Selain itu, dengan prosesor yang kuat, agan dapat menjalankan banyak aplikasi kelas desktop pada laptop Windows tanpa khawatir. Artinya, agan tidak memerlukan prosesor yang kuat untuk tugas umum seperti menjelajahi web dan menonton video, oleh karena itu, Chromebook sudah cukup memenuhi kebutuhan agan. Namun, pada laptop, agan membutuhkan chipset yang mampu untuk memulai, tetapi di sisi positifnya, agan juga akan memiliki kekuatan yang lebih besar untuk aplikasi yang membutuhkan sumber daya lebih banyak.

Setelah memahami perbedaan dalam hal sistem operasi dan perangkat keras, kita dapat melihat dari sisi performa dan mengetahui siapa yang menang dalam pertempuran antara Chromebook vs laptop. Mari kita bahas dengan jelas, Chromebook jauh lebih unggul daripada laptop tradisional dalam hal tugas-tugas umum.

5. Performa

Untuk memberikan contoh, saya menggunakan Chromebook berbasis Intel i5 dan laptop Windows berbasis i5 dengan spesifikasi serupa secara rutin untuk pekerjaan saya, dan perbedaan performanya cukup signifikan. Setelah menghidupkan Chromebook, saya dapat masuk dalam hitungan detik, sedangkan laptop Windows membutuhkan waktu yang cukup lama untuk booting. Selain itu, setelah masuk, Chromebook siap digunakan sementara laptop Windows memerlukan waktu lebih lama untuk memulai layanan dan menjadi fungsional.

Dalam tes benchmark, laptop Windows mencetak 31,3 poin pada tes Speedometer, sementara Chromebook saya mencetak luar biasa 78,1 poin. Inilah jenis perbedaan performa yang akan agan lihat dalam penggunaan sehari-hari antara Chromebook dan laptop Windows.

Perbedaan dalam performa ini bisa dimengerti, karena Windows telah ada selama bertahun-tahun dan telah menambahkan perpustakaan untuk permainan, alat pengembang, alat pemulihan, driver, utilitas jaringan, dukungan untuk aplikasi pihak ketiga, dan banyak hal lainnya. 

Di sisi lain, Chromebook tidak memiliki beban untuk menjaga kompatibilitas dengan begitu banyak hal tersebut. Chromebook tidak memiliki dukungan untuk aplikasi asli, permainan, perangkat lunak khusus, atau utilitas pihak ketiga yang tak terhitung jumlahnya.

6. Antarmuka Pengguna dan Pengalaman Pengguna

Chromebook pertama kali dikonseptualisasikan pada tahun 2009, sehingga sistem operasi yang mendasarinya cukup modern dibandingkan dengan laptop Windows. Agan memiliki taskbar yang berpusat, peluncur aplikasi yang mirip dengan yang ada di ponsel pintar, panel pengaturan cepat, dan lain-lain. Pada dasarnya, Chrome OS terinspirasi dari antarmuka ponsel pintar, terutama dari bahasa desain Android.

Chrome OS juga mencakup mode tablet, dukungan untuk gestur touchpad, dan sejumlah pintasan keyboard untuk membuat navigasi antarmuka pengguna menjadi lebih mudah. Berkat antarmuka penggerak perangkat seluler ini, sistem operasi ini terasa responsif dan cepat digunakan.

Selain itu, hasil positif dari mengikuti bahasa desain ponsel pintar adalah bahwa agan mendapatkan sistem izin yang rinci yang mirip dengan Android.

Kesimpulannya:

Laptop Windows lambat tetapi merupakan mesin lengkap yang dapat digunakan oleh profesional maupun konsumen umum. Sebaliknya, Chromebook memiliki fitur terbatas untuk para profesional, tetapi merupakan mesin yang sangat baik bagi pengguna umum. 

Ketika melakukan tugas seperti menjelajah web, mengedit foto, memutar musik, menulis dokumen, dan menggambar, yang sebagian besar dilakukan oleh kebanyakan dari kita, Chromebook jauh mengungguli laptop.

Post a Comment for "6 Perbedaan Chroomebook dan Laptop, Kekurangan dan Kelebihannya"