Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbandingan Prosesor AMD dan Intel Untuk Laptop, Lebih Bagus Yang Mana?

Perbandingan Prosesor AMD dan Intel Untuk Laptop, Lebih Bagus Yang Mana?
gambar: creative commons

Prosesor adalah sebuah komponen komputer yang berperan sebagai otak dari seluruh sistem, yang berfungsi utnuk menjalankan seluruh perintah singkatnya. Oleh karena itu prosesor adalah suatu komponen komputer yang sangat penting.

Dalam dunia perkomputeran, prosesor saat ini terbagi menjadi dua jenis yaitu, Intel dan AMD. Kedua jenis prosesor ini bisa menentukan kebutuhan serta keinginan agan disaat ingin membeli Laptop maupun komputer.

Ngomong-ngomong tentang prosesor, saya akan berbagi tentang kelebihan serta kekurangan dari dua jenis prosesor tersebut, dan jika agan sedang bingung menentukan harus pilih prosesor Intel atau AMD, yang mungkin masih agan pertimbangkan karena manakah prosesor yang terbaik sebenarnya. Baik itu dari sisi kualitas maupun kecepatan, langsung saja simak penjelasan dari saya ya gan.

Perbedaan Prosesor AMD dan Intel

Prosesor Intel

Sebelum saya menjelaskan secara keseluruhan, ada baiknya kita gali terlebih dahulu sejarah dari prosesor intel ini, ya nggak gan?

Dalam sejarah, intel didirikan sejak tahun 1971. Pada saat itu intel  adalah satu satunya prosesor yang pertama kali di produksi dan belum ada prosesor AMD tentunya, apalagi proseor merk lain jelas tidak ada gan.

Dan pada saat itu juga Intel langsung terbang tinggi ke angkasa, karena peminat dari pengguna sudah cukup banyak di seluruh dunia. Nama intel pun semakin melejit naik dan menyebar luas di segala penjuru sejak rillisnya Intel Pentium pada tahun 1995, saya yakin agan-agan disini pasti tidak asing lagi dengan nama Intel Pentium kan? Hayo ngaku deh.

Intel Pentium pun memiliki empat seri, mulai dari Pentium I sampai Pentium IV, pada jamannya pentium ini sudah sangat bagus untuk kecepatan proses data, dan saat itu pun menjadi keluaran terbaiknya.

Akan tetapi jika zaman sekarang agan masih menggunakan Intel Pentium, sayapun tidak bisa membayangkan betapa nyeseknya hati dan fikiran agan ini, Karena sekarang sudah banyak versi terbarunya yang tentunya lebih canggih dari seri pentium. 

Bahwa setiap usaha pasti berawal dari titik awal dan titik rendahnya. Begitupun intel yang mulai merintis dari titik nol hingga memiliki nama yang besar, Intel berhasil menguasai pasar teknologi yang paling banyak peminat dan pengguna di seluruh dunia hingga saat ini, dan bisa terbilang intel adalah prosesor yang paling populer di semua kalangan.

Selanjutnya, intel memiliki haraga yang lebih mahal dari AMD, namun agan bisa menyesuaikan keinginan dari sisi serinya, yaitu mulai dari kelas bawah, menengah hingga intel kelas atas.

Untuk Kelas bawahnya ada dual core, untuk kelas menengahnya mulai dari core i3 sampai core i5, dan kelas atasnya core i7 sampai yang terbarunya saat ini core i9. Itu semua tergantung agan memilih keluaran generasi keberapa, semakin terbaru generasinya maka semakin bagus dan canggih pula.

Prosesor AMD (Advance Micro Device)

Tahun produksi prosesor AMD yaitu sejak 1980, tentunya umur AMD lebih muda dari Intel, dimana waktu itu intel sudah berdiri dan memiliki nama dikalangan pengguna.

Menurut kebanyakan orang pemakaian prosesor AMD mempunyai karakter yang cepat panas dan boros listrik, namun jangan salah sangka dulu. Bukan berarti AMD itu prosesor yang buruk ya gan, karna banyak serinya juga untuk menyesuaikan kebutuhan agan.

Dalam masa prosesnya, AMD pun sudah mengalami pahit manisnya berjuang menjunjung nama hingga saat ini. Dengan  sindiran para netizen yang katanya cepat panas ini, nama AMD sempat redup pada masanya dan perlahan merosot penjualannya.

Pada saat mengalami jatuh bangun karena dampak krisis secara global, Intel semakin merajai pasarnya. Mungkin disitulah pengguna AMD cenderung lebih sedikit dibandingkan intel.

Mungkin agan disini sedang menunggu-nunggu apa saja fitur yang diberikan AMD untuk pengguna, terus simak pembahasan yang lebih lanjut ini gan.

AMD pun  telah mengeluarkan banyak seri hingga saat ini, yang mungkin akan menjadi suatu pilihan untuk agan. Tentu saja serinya mulai dari kelas bawah, menengah, hingga kelas atas.

Saya disini hanya memberi beberapa contoh dari seri AMD yang dikeluarkan, misalnya seperti, AMD Ryzen Threadripper, dan yang terbarunya saat ini Ryzen Threadripper 3990X 64 Core 128 thread, seri ini mah sangat kelas gan.

Perbedaan AMD dan Intel Apa Saja?

AMD dan Intel memiliki perbedaan yang masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan,  dan mereka pun memiliki keunggulan dari sisi yang berbeda. Lantas, apa saja yang membuat mereka berbeda ya gan? mari kita simak penje;asan yang akan saya jabarkan perbedaan meraka dari beberapa sisi.

1. Grafis

Dari sisi grafis, AMD lebih bagus dari intel. Kalo melihat perbedaan mereka dari sini adalah jadi pembeda utama yang sudah menjadi patokan dari para penggunanya. Intel sempat mengalahkan Grafis AMD dengan prosesor Iris Pro, namun AMD tidak mau kalah saing dengan mengeluarkan seri terbarunya yaitu AMD Radeon yang dilirik oleh banyak pengguna.

Dari perbedaan kualitas grafis ini yang diberikan untuk pengguna dapat terbilang sangat menonjol. Keduanya bisa di ujicoba untuk bermain game, Dari sisi kualitas pun sangat jauh berbeda yaitu, AMD lebih epic daripada intel.

2. Manajemen Suhu

Sejak awal mula rilispun AMD sudah di cap prosesor yang gampang panas, sudah jelas intel adalah prosesor yang memiliki suhu panas lebih rendah dari AMD. Intel dibekali dengan TDP (Thermal Design Point) yang menjadi andalan intel sejak dulu.

Namun, AMD selalu berusaha meredam slogan "cap panas" ini, setelah merilis seri Ryzen-nya walaupun belum semaksimal prosesor intel dengan seri core i3 hingga seri terbarunya.

3. Kekebalan virus

Perbedaan dari prosesor Intel dan AMD terhadap kekebalan virus kali ini AMD lebih sensitiv daripada Intel, AMD lebih cepat mendeteksi virus lebih cepat tanggap daripada intel ternyata gan, baru tahu ya gan? heheh.

AMD dibekali teknologi yang bernama EVP (Enhanced Virus Protection), dan  ini adalah bagian dari strategi untuk memanfaatkan kelemahan Intel. Sehingga AMD lebih unggul dari sisi kekebalan visrusnya.

Saat ini intel belum membuat sebuah teknologi untuk pemutakhiran virus sekebal AMD.

4. Performa

Dari bagian performanya mereka tidak terlalu menjadi perbandingan yang signifikan, untuk seri terbaru dari AMD, ada kemungkinan Intel akan cukup tersaingi dan waspada. Namun dari sisi penggunanya telah membbuktikan, bahwa intel masih menjadi versi terbaiknya saat ini.

Lagi-lagi kita akan bandingkan dari sisi game, AMD dan Intel cukup jadi perbandingan yang sangat kuat dikalangan gamers.

5. Multimedia

Jika kita kembali lagi pada poin sebelumnya diatas, AMD adalah yang terbaik dari sisi grafisnya. Namun jika kita bandingkan dari sisi multimedia, Intel lebih unggul dari AMD. Hasil gambar maupun video intel tentu lebih tajam.

Lalu, Lebih Bagus Mana antara Intel dan AMD?

Jika agan sudah menyimak penjelasan saya diatas dengan seksama, agan mungkin jadi lebih ada sedikit gambaran manakah yang terbaik menurut versi agan, jika menurut saya Intel yang terbaik, bisa jadi menurut agan AMD yang terbaik. Jadi kesimpulannya, sesuaikan kebutuhan agan dan tujuan agan membeli laptop itu untuk apa, game, design, coding, render video dan lain sebagainya.

Nah, agan disini sudah tahu dari beberapa perbandingan prosesor AMD dan Intel. Mudah-mudahan artikel yang saya tulis ini bisa untuk referensi agan semua. Terimakasih dan sekian.

Post a Comment for "Perbandingan Prosesor AMD dan Intel Untuk Laptop, Lebih Bagus Yang Mana?"