Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

H61 motherboard; Spesifikasi, Harga & Review Lengkap

H61 motherboard merupakan salah satu tipe hardware yang di desaign untuk processor khusus intel. Sehingga sanggup mengoptimalkan kinerja PC menjadi semakin stabil. Sementara itu, peranan krusialnya yaitu sebagai papan induk penghubung berbagai komponen utama maupun tambahan bagi perangkat PC.

Pernahkah menggunakan H61 motherboard satu ini sebelumnya, atau justru ingin mengganti yang lama dengan tipe H61 ini? Sebelum membelinya, sebaiknya pahami terlebih dahulu seperti apa spesifikasi dan keunggulannya dengan membaca semua rangkuman ruangjuta.com berikut! 

Mengenal H61 Motherboard Lebih Detail

H61 motherboard
Papan induk atau H61 motherboard ini tergolong dalam komponen chipset seri H besutan dari ECS. Tahukah kalian, ternyata motherboard ini sudah mendukung intel seri 6 lho. Jelas bahwa adanya dukungan tersebut termasuk dalam keunggulan H61, sehingga kapanpun kamu memilihnya, motherboard ini dapat berfungsi sangat optimal di banyak tipe processor.

Lalu dari sisi desain, seri H61 ini termasuk entry level. Alhasil, penggunaan terhadap H61 Motherboard ini terkesan lebih kompleks.

Lebih menariknya, terdapat beberapa varian lagi yang semuanya menyandang keunggulan tidak jauh berbeda yaitu: H61 H212, H61 H2M2, H61 H2M3 dan H61 H2M. Semua seri tersebut sudah bisa kamu gunakan pada chipset stepping B3.

Keuntungan lain dan dapat kamu terima setelah membeli salah satu varian H61 motherboard adalah memperoleh kualitas terbaik. Sebab, motherboard jenis ini lebih sering mendapat perbaikan daripada jenis produk lainnya. Tak heran jika hampir semua jenis processor mendukungnya.

H61 Motherboard juga termasuk dalam Gen 2 yang mulai dipasarkan pada tahun 2011 lalu. Sementara itu, tipe processor intel core paling kompatibel hingga sekarang adalah model LGA1155 packages.

Bicara soal bentuknya, motherboard ini termasuk dalam kategori micro ITX dan ATX. Degan begitu, kamu dapat memasangnya di segala jenis model PC guna meningkatkan performa perangkat tersebut ketika sedang beroperasi.

Jika sedang mencari motherboard berperforma terbaik dengan operasi andal untuk mengerjakan berbagai tugas, maka seri H61 jelas lebih ideal. Dalam hal ini, komputer nantinya akan terasa relatif ringan ketika kamu pergunakan sebagai perangkat dalam membantu pekerjaan maupun tugas sekolah.

Selain itu, dengan adanya dukungan desain dinamis dan bentuk sederhana, menjadikan seri H61 motherboard pc ini tidak terlalu menghabiskan ruang. Justru sebaliknya, kamu akan memperoleh pengalaman terbaik ketika mengoperasikannya bersama komponen pendukung lainnya.

Spesifikasi H61 Motherboard PC/Komputer

Walaupun motherboard PC ini menawarkan berbagai keunggulan luar biasa, mempertimbangkan spesifikasi H61 motherboard juga sangat penting. Sebab, nantinya kamu dapat memahami apakah motherboard ini sudah sesuai dengan kriteria dan tugas yang akan dikerjakan atau sebaliknya. Maka dari itu, simaklah beberapa spesifikasi berikut sebagai pertimbangan sebelum membelinya:

Sistem Audio

Pada bagian audio H61 motherboard PC menawarkan output suara dari realtek ALC887. Menariknya, 8 channel hight definisi audio codec pun ikut mendukungnya. Sehingga kualitas audio yang kamu terima akan terdengar lebih jernih. Hal paling menarik lainnya sebagai salah satu keunggulan dari sistem audio adalah proses pengolahannya yang beroperasi secara konsisten. Sehingga seri pada motherboard komputer ini mampu menyesuaikan tempo audio secara otomatis.

Port Koneksi

Port konektor pada papan induk motherboard H61 ini sudah mendukung USB 2.0 sebanyak 3 port  dan 6 buah port sebagai tambahannya. Jadi, total keseluruhan koneksi USB pada motherboard ini sebanyak 9 port. Dengan banyaknya dukungan port tersebut, integrasi ke PC akan semakin mudah.

Selain koneksi USB, motherboard H61 juga telah didukung oleh empat konektor SATA yang kompatibel dengan kapasitas penyimpanan hingga 3 GB dan port FAN CPU yang didukung oleh empat PIN.

Tak terbatas pada koneksi itu saja, tetapi banyak konektor dengan fungsi krusial lainnya yang ditawarkan oleh motherboard H61 ini, seperti: 
  • 1  x  24 Pin koneksi EATX power.
  • 4 Pin koneksi ATX dengan daya 12 volt.
  • 1 koneksi di panel bagian depan.
  • Koneksi audio 1 port yang berada di depan.
  • Colokan speaker internal.
  • 1 clear CMOS. Bisanya digunakan untuk jumper saat PC mengalami masalah atau tidak bisa booting. 
Banyaknya ragam jenis port tersebut, menjadikan H61 motherboard mendukung banyak hardware tambahan dengan fungsi berbeda. Jadi, saya pikir ini adalah papan induk yang cukup berguna dengan harga sesuai dengan kantong pelajar.

Dimensi

Dari segi ukuran, menurut saya tipe H61 jelas lebih ramping daripada jenis lainnya dan sudah disesuaikan dengan standar pasar. Sedangkan Dimensinya yaitu 8.9 x 6.9 inch atau jika dalam satuan Cm berarti memiliki ukuran 22.6 cm x 17.5-. 

Bentuknya yang sangat fleksibel ini tentu membuatnya cocok dengan beberapa varian processor. Selain itu, kamu juga dapat memasangkan H61 motherboard ini kapan saja secara presisi. Dan hal paling menarik dari sisi dimensi papan induk H61 adalah  tidak mudah bergoyang maupun berubah Hal ini tetap berlaku meskipun tataletaknya presisi.

Dari semua spesifikasi tersebut, H61 masih menyimpan banyak keunggulan luar biasa lainnya lho, seperti: Penyimpanan, socket, kartu grafis processor, memori dan lain sebagainya. Jika ingin mencaritahu spesifikasi yang lebih lengkap, saran ruangjuta.com yaitu membeli secara langsung. Lantas berapa harganya?

Harga H61 Motherboard PC

Yakin bahwa papan induk ini benar-benar sesuai dengan kriteria yang kamu inginkan? Jika demikian, tidak salah dong jika langsung membeli agar bisa menikmati setiap keuntungannya. Di marketplace, harga motherboard ini sangat bervariasi yaitu mulai Rp310.000 dengan kualitas terbaik.

Post a Comment for "H61 motherboard; Spesifikasi, Harga & Review Lengkap"