Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Komponen Motherboard; Definisi dan Fungsinya

Komponen motherboard terdiri dari berbagai macam soket maupun slot dengan fungsi berbeda. Tanpa adanya setiap komponen utama maupun tambahan, maka komputer tidak akan berfungsi secara optimal.

Misalnya, pada suatau komputer pasti memiliki slot sebagai tempat RAM. Sementara itu, peranan ram sendiri sangatlah krusial sehingga harus terpasang dengan benar pada motherboard.

Selain tempat bagi ram, apa saja komponen motherboard lainnya? Yuk cari tau selengkapnya dalam daftar edukasi hardware berikut ini!

Komponen Motherboard Pada Komputer Maupun Laptop

Komponen motherboard

Peranan motherboard sendiri yaitu sebagai papan komponen atau papan pusat hubung antar hardware komputer. Tanpa adanya beberapa integrasi komponen, maka komputer tidak akan berfungsi membantu aktivitas pengguna. Nah, pada komputer maupun laptop, komponen motherboard terdiri dari: 

1. Socket Prosessor 

Prosesor sering dikenal pula sebagai CPU yang merupakan pusat kerja dari perangkat komputer tersebut. Tak hanya pada PC saja, laptop maupun mobile phone juga memanfaatkan CPU ini untuk menjalankan sistem hardware lainnya.

Berdasarkan tempatnya, komponen motherboard satu ini dikelilingi oleh 4 lubang. Semuanya berguna sebagai penyangga bagi komponen heatsink Fun. Sementara itu, peranan komponen fun sendiri yaitu untuk menjaga suhu prosessor agar tetap dalam kondisi stabil.

Dari beberapa jenis motherboard, komponen soket prosesor ini punya design maupun model berbeda. Tergantung dari tipe maupun merek motherboard itu sendiri. Sehingga, penyesuaian terhadap fun pun harus kalian lakukan sesuai soketnya.

2. Slot Memory

Semua jenis motherboard tentu saja punya komponen slot memory RAM. Tanpa adanya hardware ram, maka komputer tidak dapat memulai proses botting. Sehingga, peranan komponen moterboard "slot memori" ini sangat krusial dan tidak dapat kalian abaikan begitu saja.

Posisi komponen slot RAM pada beberapa motherboard biasanya bersebelahan dengan komponen soket prosessor. Sedangkan jumlahnya tak hanya 1 saja, tetapi 2 atau bahkan lebih. Semuanya sangat bergantug pada tipe motherboard itu sendiri.

Selain itu, tipe komponen slot memory ram pada motherboard juga tak sama. Semua itu disesuaikan pula dengan tipe RAM yang memiliki beberapa jenis, termasuk: DDR1 sampai DDR4. Maka itulah, kalian perlu mempertimbangkan jenis ram yang hendak di install ke komputer sebelum membelinya.

3. Slot IDE dan SATA

Pada komputer atau laptop, tentu saja menyediakan slot IDE dan SATA. Walaupun keduanya punya peranan sama, tetap saja bentuk setiap slot dari komponen motherboard ini berbeda. 

Ketahuilah, kedua slot tersebut nantinya berguna sebagai tempat instalasi penyimpanan. Biasanya hardisk atau CD-ROM, yang semuanya langsung terintegrasi dengan papan motherboard.

Dari sisi perbedaan, slot IDE menawarkan design cukup memanjang. Tidak seperti SATA yang mana bentuknya cenderung lebih kecil daripada IDE. Sementara itu, kabel SATA juga menawarkan ukuran dominan kecil. 

Kedua komponen tersebut juga memiliki peranan krusial pada perangkat komputer yakni sebagai hantaran hardware storage supaya komputer dapat menampung setiap data pada suatu program file maupun dokumen penting lainnya.

Berdasarkan tipe motherboard keluaran terbaru, tidak semuanya menyediakan komponen untuk IDE. Melainkan komponen itu seringkali terdapat pada papan motherbiard versi terlampau.

5. Slot AGP dan PCI Express X16

Tahukah kalian, komponen motherboard seperti kedua slot tersebut pada dasarnya punya manfaat sama yaitu sebagai penghubung antara motherboard dengan VGA Card maupun Graphic Card. Hanya saja, terdapat sedikit perbedaan pada PCI Express X16. Apa perbedaan itu? Berikut penjelasannya!

Tipe AGP, merupakan salah satu bentuk slot versi lama. Sehingga motherboard keluaran terbaru sudah jarang menyediakan port satu ini. Justru sebaliknya, motherboard keluaran ternyara sekarang sudah menggunakan teknologi port terbaru seperti  PCI Express.

6. Chipset BIOS

Komponen motherboard komputer lainnya dengan peranan sangat krusial ialah chipshet bios. Lalu apa itu bios? Bios merupakan chip aktif yang menjalankan peran sebagai pengontrol beberapa jenis hardware di sebuah komputer. 

Harus kalian ketahui! Apabila suatu komputer tidak memiliki chip bios, maka perangkat tersebut tak dapat melakukan booting sama sekali. Bahkan tak dapat pula mengidentifikasi beberapa hardware yang pada kala itu terinstall di komputer. 

Berkat perkembangan teknologi, bios sekarang sudah berganti menjadi UEFI. Tujuannya yakni untuk meningkatkan kinerja komputer dengan merilis teknoligi yang lebih canggih. Sementara itu, bentuk UEFI pengganti bios masih tetap sama, yaitu berupa chip. Sedangkan tempatnya tidaklah menentu. Jadi, setiap motherboard menawatkan tempat bagi chip UEFI di posisi berbeda.

8. Battery CMOS

Pernah melihat lingkaran kecil yang terbuat dari bahan stainlish? Jika demikian, itu berarti komponen tersebut adalah battery cmos sebagai pacu daya serta berperan aktif untuk media penyimpanan pada semua sistem pengaturan BIOS. 

Jika kita lihat dari segi bentuknya, battery cmos ini tampak mirip seperti baterai jam tangan. Hanya saja ukuran maupun lebarnya lebih besar. Ketika kalian mencabut komponen ini dari papan motherboard, maka secara langsung sistem pengaturan BIOS akan berubah menjadi ke pengaturan awal.

9. Power Connector

Komponen motherboard ini juga memiliki peran sangat penting, sebab power connector berperan aktif untuk menghubungkan antara power supply dengan motherbord supaya dapat menerima daya listrik. Sedangkan jumlah komponen ini biasanya mencapai 20 sampai 24 pin, tergantung jenis papan induk komputer.

Akhir Kata

Jadi komponen motherboard jumlahnya tak terbatas pada satu komponen saja, melainkan menyesuaikan dengan jenis motherboard itu sendiri. Sedangkan bentuknya sangat beragam, sehingga kalian perlu memperhitungkannya dengan seksama ketika hendak mengganti hardware baru yang rusak atau dengan tujuan upgrade.

Post a Comment for "Komponen Motherboard; Definisi dan Fungsinya"